cara meningkatkan kualitas disain grafis


Cara meningkatkan kualitas disain grafis
1)Belajar mulai dari Prinsip dasar disain!
Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas desain kamu adalah belajar prinsip-prinsip dasar dalam desain grafis. prinsip-prinsip tersebut adalah fondasi dasar. Jika fondasinya sudah benar, selebihnya akan mengalir dengan sendirinya. Diantara hal-hal dasar yang harus dipelajari adalah mengenal bentuk, tata letak, proporsi, keseimbangan (balance), kesatuan (unity), pengulangan (repetation), maupun teori-teori persepsi seperti gestalt, dll.
Prinsip-prinsip dasar tersebut merupakan hal ilmiah yang ditemukan melalui eksperimen orang-orang terdahulu. Pada desain grafis, prinsip dan pengetahuan dasar menyentuh aspek-aspek vital seperti fungsi dan estetika.

2) Berfokus kepada Tujuan
Karya grafis adalah rancangan yang mengedapankan fungsi/tujuan. Maka penting bagi desainer grafis untuk selalu mengedepankan tercapainya fungsi. Seringkali kebanyakan dari kita terlalu terfokus kepada nilai estetis atau keindahan sehingga lupa kepada fungsi. Sehingga tidak jarang sebuah output karya grafis penuh sesak oleh elemen-elemen yang dianggap bakal membuat karya menjadi lebih estetis/indah, pada saat yang sama elemen-elemen itu malah merusak fungsi utama karya grafis yaitu menyampaikan pesan dan informasi.



3) Manajemen Waktu
Sebuah rancangan yang baik tentu saja butuh waktu untuk diwujudkan. Project desain yang terburu-buru membuat kita melupakan detail-detail kecil yang sangat berpengaruh. Solusi terbaik adalah memberikan deadline yang realistis, kemudian mengedukasi klien melalui proses yang harus dilalui untuk mewujudkan hasil kerja yang maksimal. .


4) Keep It Simple, Stupid! (menjaga kesederhanaan disain)
"Keep It Simple, Stupid!" adalah kalimat yang populer dikalangan creative professional. Intinya adalah menekankan pentingnya kesederhanaan dalam sebuah karya, apapun itu. Output yang sederhana akan lebih mudah dimengerti. Ini juga terkait dengan bagaimana membuat karya grafis menjadi fungsional.


5) Mendalami Proses
Setiap bidang desain grafis seperti layout, ilustrasi, dan digital imaging masing-masing membutuhkan proses yang berbeda dalam pengerjaannya. Belajarlah untuk menemukan tehnik dan proses kerja yang baik, baik itu dari desainer senior, di komunitas, buku, internet, dll. Proses yang tepat tidak hanya menjadikan pekerjaan menjadi lebih efisien, tapi juga memberi ruang bagi desainer untuk fokus menjaga kualitas sebuah karya.



6)Jangan Pernah Bosan Membaca Tutorial Desain

Sebenarnya tutorial desain merupakan salah satu cara yang bagus, agar kalian dapat meningkatkan skill desain.Tutorial yang ada biasanya akan menunjukkan bagaimana membuat karya tertentu. Selain itu, dijelaskan pula proses kerja keseluruhan dalam beberapa langkah rinci.Tutorial biasanya dibagi dalam beberapa kategori berbeda seperti manipulasi foto, efek teks, web layout, logo desain, vektor, dan lain sebagainya.Tidak ada salahnya kalian mengeksplorasi berbagai situs tutorial, dan membaca berbagai kategori tutorial yang berbeda. Hal ini bisa memperluas kemampuan desain kalian kedepan.

Yang perlu diperhatikan pula, kalian sebaiknya mencari tutorial berkualitas. Coba fokus pada alur kerja dan teknik yang digunakan. Jangan terlalu fokus pada hasil akhir.

Pilih tutorial yang mengajarkan ilmu baru. Baca secara cermat, dan praktikkan tutorial tersebut. Sehingga kalian bisa tahu bagaimana prosesnya. Tidak menutup kemungkinkan, kalian bisa menemukan hal baru ketika mempraktikkan tutorial tersebut.
7)Mencari Inspirasi Dari Berbagai Sumber

Sebenarnya hal ini tidak terlepas dari membaca tutorial desain. Namun jangan jadikan tutorial sebagai satu-satunya sumber inspirasi.Lihatlah lingkungan sekitar. Disana kalian dapat menemukan berbagai hal yang memberikan inspirasi, dan memperkaya daya imajinasi kreatif.Alam dapat menjadi salah satu sumber inspirasi yang bagus. Cobalah perhatikan secara seksama, kemudian temukan sesuatu yang menarik bagi kalian. Mungkin hal tersebut bisa berbentuk suara, bentuk, warna, dll.Biarkan pikiran kalian melaju secara luas, hingga nanti terisi dengan suatu hal yang membuat kalian fresh. Jangan ragu meluangkan sedikit waktu untuk menonton film di bioskop, melihat pameran fotografi atau seni yang lain.

8)Mendesain Dari Sesuatu yang Khusus
Terkadang memang sulit untuk bergerak dari satu titik tertentu. Hal ini karena kalian sudah lama berada dalam area tersebut. Secara konsisten kalian juga sudah berkutat dengan hal yang sama.Memperluas sumber inspirasi dalam menjadi awal yang bagus. Cobalah untuk berpikir kreatif. Dari pada memanipulasi foto dengan tema alam, mengapa kalian tidak coba mendesain inspirasi dari lirik lagu, atau bahkan memori pikiran kalian?Jangan batasi imajinasi kalian, dan jangan ragu untuk melakukan sesuatu yang abstrak. Terlebih yang menurut kalian hal tersebut keluar dari kebiasaan.

9)Manfaatkan Bakat Lain yang Relevan
Desain grafis berbeda dengan software atau komputer pengolahnya. Ada berbagai hal yang mempengaruhi proses penciptaan karya kreatif.Sekali-kali cobalah mengeksplorasi bakat lain yang kalian miliki. Misal kalian suka melukis, atau membuat sketsa.Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan ide-ide unik dari coretan tangan. Setelah itu, kalian dapat memindai karya tersebut ke dalam komputer untuk disempurnakan.Itulah beberapa tips untuk meningkatkan skill desain grafis. Semoga informasi tersebut bermanfaat, dan membuat kalian semakin semangat dalam menekuni dunia desain. Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cerpen sang dorman